Kamis, 10 Februari 2011

HOME

MACAM-MACAM ROTI

ROTI KEJU

Keju parut yang dicampur dengan butter, membuat isi roti ini enak sekali. Melted keju gitu loh!


Bahan A:
500 gr  tepung terigu protein tinggi
100 gr  gula
11 gr   ragi instan
1/2 sdt    bread improver
4 btr     kuning telor
200 ml  air Es
Bahan B:
100 gr  mentega/margarine
5 gr      garam
Bahan C:
100 gr  keju cheddar parut
100 gr  mentega

Cara membuat:
  1. Aduk bahan A, uleni hingga bergumpal-gumpal, masukkan bahan
    B, uleni terus hingga kalis elastis. Istitirahatkan 20 menit.
  2. Kempiskan adonan, potong timbang 40 gr, bulatkan. Istirahatkan 10 menit.
  3. Aduk rata bahan C.
  4. Ambil satu bulatan adonan, beri isi bahan C, bentuk lonjong.Lakukan untuk semua bulatan.
  5. Diamkan 30 s/d 60 menit, tergantung kehangatan udara. Setelah terlihat mengembang ringan, poles atasnya dengan kuning telur kocok, panggang selama 20 menit, suhu 180 hingga terlihat keemasan. Angkat.
Selamat menikmati roti hangat, baru keluar oven! Yummm.....



 Roti Panggang Keju


 
Bahan Roti Panggang Keju :
  • 4 lembar roti wholewheat atau brown bread
Olesan, aduk rata:
  • 100 ml cream cheese
  • 2 sdm MILO
Topping:
  • 20 g NestlĂ© KOKO KRUNCH, memarkan
  • 50 g keju Cheddar parut
  • 4 lembar lettuce, iris halus
Cara Membuat Roti Panggang Keju :
  1. Panggang roti dengan toaster hingga agak kering. Angkat.
  2. Olesi masing-masing permukaan roti dengan bahan Olesan hingga rata.
  3. Beri Topping, sajikan segera.
Catt : Selain whole wheat bread, bisa dipakai roti tawar dengan taburan kismis, roti jagung manis atau roti pandan agar tidak bosan.
Kalori : 243 Kal Protein : 8.75 gr Lemak : 14.87 gr Karbohidrat : 19.95 gr Serat : 2.48 gr

















Berikut ini bahan-bahan yang harus disiapkan sebelum membuat Roti Bakar Keju Coklat

BAHAN :
1 tangkup roti tawar
1 sdm blue band
3 sdm meses coklat
1 lembar keju

BAHAN TABURAN :

keju parut
1 sdm meses coklat


CARA MEMBUAT :

1. Oleskan mentega pada permukaan roti tawar, kemudian taburi dengan cokelat meses, beri keju lembaran di atasnya lalu lipat.
2. Panggang dengan menggunakan panggangan roti atau kalau tidak ada bisa dengan wajan teflon anti lengket, bolak-balik sampai kering merata. Angkat.
3. Taburi dengan parutan keju, taburi dengan meses
4. Sajikan selagi hangat
.



Resep Roti Tawar

Bahan:
  • 1 kg tepung terigu protein tinggi
  • 11 gr ragi instant
  • 20 gr susu bubuk full cream
  • 100 gr gula pasir
  • 2 btr telur
  • 60 gr mentega putih
  • 15 gr garam
  • 475 ml air es

Cara membuatnya:
  1. Dalam wadah satukan tepung terigu, gula pasir, ragi instant, dan susu bubuk, aduk rata. Beri telur, dan tuangi air es secara bertahap sambil diuleni hingga tercampur rata dan bergumpal-gumpal.
  2. Masukkan mentega putih dan garam, lanjutkan menguleni hingga adonan kalis elastis. Bulatkan dan istirahatkan 30 menit.
  3. Kempiskan adonan dengan cara ditinju, lalu bagi adonan masing-masing 550gr. Bulatkan, lalu gilas, dan gulung padat memanjang. Taruh dalam loyang loaf yang sudah dioles minyak atau mentega putih. Diamkan selama 60 menit, hingga mengembang. Poles bagian atasnya dengan campuran telur dan susu (1 btr telur, 2 sdm susu segar, ½ sdt garam, kocok lepas)
  4. Panggang dalam oven selama 20 menit, atau hingga matang permukaannya kuning kecoklatan. Keluarkan dari oven, poles segera bagian atasnya dengan butter.



Resep Roti Bolu Kukus yg Mekar

 
diperlukan untuk membuat roti kukus ini adalah sebagai berikut :
  • 1 sdm emulsifier
  • 500 gram gula pasir
  • kemaren pake fanta yg ichigo)
  • 6 butir telur
  • 200 cc santan kara (90 ml air hangat+4 sdm penuh santan bubuk– ini utk 1/2 resep)
  • 200 cc sprite (
  • vanili secukupnya
  • pasta coklat/pandan/strawberi
  • 500 gram terigu
Setelah anda sudah menyiapkan bahan dari resep ini, kita akan pergi ke cara membuat roti bolu mekar:
  1. Panaskan kukusan, beri serbet pada tutup kukusan
  2. Campur semua bahan dan mikser dengan kecepatan tinggi selama 10 menit
  3. Beri warna sesuai selera
  4. Isi adonan ke cetkan berselang seling
  5. Kukus lebih kurang 10-15 menit
Supaya bolu nya lebih tampak mekar, berikut tips khusus untuk resep ini :
  1. Kocok adonan sampai kental, ciri adonan kalau dituang pake sendok berat, lama baru jatuh kembali
  2. Isi cetakan sampai penuh, kalau nggak penuh adonan gak mau mekar karena ketekan dinding kertasnya
  3. Jangan terlalu penuh dandangnya, beri jarak antar cetakan supaya kuenya dapat banyak uap
  4. Masukkan adonan saat dandangnya sdh menghasilkan banyak uap dan pake api yg besar
Berikut tipsnya supaya roti bolu buatan ibu tampak lebih mekar. Bolu kukus ini dalam cara membuat bisa ibu tambahkan berbagai bahan seperti yang sedang ngetrend saat ini yaitu menambahkan keju dan coklat. Sehingga membuat kue ibu ini nantinya lebih enak dan nyummmy.
Resep bolu kukus ini diambil dan di rewrite ulang sedikit dari posting di milis NCC di arsip yang lama. Gambar diatas hanya ilustrasi!!!


 Resep Roti Isi

Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat roti isi ini sebenarnya sangat mudah ditemukan, berikut daftarnya :
  • 60 gr. gula kastor
  • 20 gr. susu bubuk
  • 7 gr. garam 1 butir telur
  • 40 gr. mentega (putih)
  • 500 gr. tepung terigu
  • 15 gr. ragi instan
  • 285 ml. air
  • Isi: terseraaah…. (bisa apa saja yang penting bisa dimakan)
  • Olesan: telur dan mentega
Sedangkan resep cara membuatnya adalah sebagai berikut :
  1. Campur tepung terigu, ragi, gula, susu bubuk, garam, telur, dan mentega dalam wadah, aduk.
  2. Uleni sambil masukkan air sedikit-sedikit hingga adonan kalis.
  3. Bulatkan adonan, tutup dengan plastik, diamkan kur-leb 45 menit ato sampe mengembang (tergantung suhu ruangan).
  4. Tinju adonan, bagi menjadi kur-leb 19 bagian (@ 50 gr. ), bulatkan masing-masing adonan. Diamkan 10 menit.
  5. Isi setiap adonan sesuai selera.
  6. Taruh di atas loyang yang sudah diberi alas kertas roti. Kalo aku taruh di cetakan muffin yang sebelumnya telah dioles mentega. Diamkan lagi selama 45 menit.
  7. Oles atas roti dengan telur yang dikocok lepas.
  8. Panggang dalam oven yang sudah dipanaskan terlebih dahulu dengan suhu 200°C selama 15 menit ato sampe matang.
  9. Selagi panas (baru diangkat), olesi atas roti dengan mentega supaya kinclong

Roti Isi Keju

Resep kali ini memiliki khusus keju, berbeda dengan pertama yang bisa anda isi dengan apa saja. Roti isi kali khusus hanya berisikan dengan keju, mau tahu bagaimana jadinya. Yuk kita langsung saja…
Bahan2 yang diperlukan :
Bahan:
  • ½ resep roti ekonomis
Bahan Hiasan:
  • 1 lbr nori almond slice
  • bunga fondant secukupnya
  • wijen hitam untuk mata dan hidungnya
Bahan Isi:
  • 100 gr margarin
  • ½ sdt garam
  • 75 gr gula tepung
  • 70 gr tepung terigu sangrai
  • 3 btr kuning telur untuk olesan
  • 50 gr susu bubuk
  • 25 gr keju parut
Resep bagaimana cara membuat roti isi khusus keju adalah sebagai berikut
  1. Campur rata semua bahan isi.
  2. Timbang adonan roti masing-masing 40 gr, giling lalu sendokkan isi. Gulung sambil dibentuk oval. diamkan 15 menit.
  3. Oles dengan kuning telur lalu panggang 12 menit dengan suhu 180 derajat Celsius. angkat, dinginkan.
  4. Buat hiasan, gunting nori lebar ½ cm, buat 2 lilitan di bagian badan, rekatkan dengan air. Tancapkan almond slice dikiri dan kanan untuk telinganya. Buat mata dan hidung dari wijen hitam, rekatkan dengan selai. Hias dengan bunga fondant rekatkan dengan putih telur.


Roti Kering Keju

Bahan :

  • 250 gram tepung terigu protein tinggi
  • 50 gram tepung kacang hijau
  • 1 sdt baking soda
  • ½ bungkus ragi instant
  • ½ sdt gula pasir
  • sedikit garam
  • 100 gram keju parut
  • 25 gram margarine
  • 25 cc minyak
  • 150 ml air
Bahan Taburan :
  • 25 ml minyak goreng
  • 2 sdm keju cheddar / parmesan
  • 1 sdt wijen
Cara membuat :
  1. Campur tepung terigu, kacang hijau, ragi, gula pasir, baking soda dan sedikit garam
  2. Tuangi air sedikit demi sedikit, sambil diuleki. Masukkan margarine, minyak dan keju, uleni hingga kalis. Diamkan kurang lebih 25 menit
  3. Giling dengan ketebalan ½ cm, cetak bentuk hewan atau bunga. Olesi dengan minyak, beri taburan
  4. Letakkan dalam loyang yg telah diolesi margarine, panggang dengan suhu 180 celsius atau hingga kuning kecoklatan


kesabaran. Ngga cukup  2 tahun aku nyoba terus bikinnya sampe dapet hasil yang ,maksimal, yang teksturnya lambut di dalam tapi crispy diluar.  Karna pengalaman aku untuk hasil maksimal paling ga ngerti bikin adonan roti/donat + ngerti juga bikin adonan martabak telur.Tapi coba aja dulu ya, mudah-mudahan bisa dimengerti dan diikuti. Ini juga resep  hasil modifikasi.

ROTI MARYAM

inforesep roti maryam 300x216 Resep Roti Maryam
Tentu Anda sudah sering mendengar Roti Maryam, roti khas Timur Tengah yang memiliki tekstur berlapis tipis karena mengandung lemak/margarin/mentega di tengah-tengah roti. Roti Maryam biasanya dinikmati selagi hangat agar rasa lemaknya tidak tertinggal dalam roti saat kita menikmatinya.
Resep Bahan Roti Maryam :
  • tepung terigu protein tinggi 500 gram
  • air 200 ml
  • telur ayam 2 butir
  • garam secukupnya
  • mentega/margarin 125 gram
Cara Membuat Roti Maryam :
  1. Kocok telur, masukkan terigu. Tuangkan air sedikit demi sedikit. Uleni adonan hingga kalis. Tipiskan adonan, olesi bagian atasnya dengan mentega. Gulung dan padatkan.
  2. Potong adonan sepanjang 6 cm, simpan dalam lemari es selama kurang lebih 15 menit. Keluarkan dari lemari es.
  3. Pipihkan adonan dengan ketebalan menurut selera.
  4. Panggang roti di atas wajan anti lengket atao oven diatas loyang bersemir mentega hingga matang. Angkat.
  5. Sajikan hangat dengan pendamping kari atau gulai.
Untuk 12 buah
Selamat mencoba



Resep Roti Pisang


Resep Roti PisangCara Membuat Roti Pisang
Bahan :


400 gr tepung terigu
100 cc susu kental
1 bungkus fernipan
100 gr margarin
100 gr gula pasir
1/2 sendok teh garam
4 butir telur
150 cc air suam-suam kuku
1 sisir pisang raja

Cara Membuat :
  1. Campurkan fernipan, tepung terigu, gula, garam, dan margarin jadi satu, remas-remas sampai menjadi butiran-butiran kecil.
  2. Masukkan kocokan telur, dan air suam-suam kuku, uleni sampai tercampur, tambahkan susu kental, uleni sampai tidak lengket ditangan, biarkan dan ditutupi adonan dengan kain lembab.
  3. Pisang dikukus dan dibelah menjadi 2 bagian, dan diambil 1 sendok makan adonan kemudian tipiskan dan isi dengan potongan pisang lalu gulung kembali.
  4. Olesi loyang dengan mentega dan taburi dengan tepung dan susun roti dalam loyang kemudian biarkan dan tutup dengan kain lembab.
  5. Kalau roti sudah mengembang, panggang dalam oven dengan panas sedang selama 40 menit.
  6. Kalau sudah matang, roti berwarna coklat kekuning-kuningan olesi dengan kuning telur, panggang lagi sampai kering.
  7. Roti isi siap untuk dihidangkan.
Selamat mencoba !


  Roti Tape

Resep Cake Tape : Menu Pesta, lebaran, Natal dan Tahun Baru 
Bahan:
  • 300 gram tape singkong, haluskan
  • 200 ml susu
  • 225 gram gula pasir
  • 12 kuning telur
  • 5 putih telur
  • 175 gram tepung terigu
  • 20 gram tepung maizena
  • 1/8 sdt garam
  • 100 gram margarin, lelehkan
  • 4 sdt poppy seed (bisa diperoleh di supermarket)

Cara Membuat:

  1. Aduk tape dan susu lalu saring. Kocok telur dan gula sampai kaku.
  2. Tambahkan tepung terigu dan maizena sambil diayak lalu masukkan garam.
  3. Tambahkan tape saring, aduk sambil dituangi margarin leleh dan poppy seed.
  4. Tuang adonan ke dalam loyang loaf yang telah diolesi margarin. Oven selama 45 menit dengan suhu 160 derajat Celcius.

Untuk 16 potong




Revised Resep Roti Unyil
Photobucket - Video and Image Hosting

"ini deh resep roti unyil yg sudah direvisi..."

bahan :
400 gr tepung terigu protein tinggi
100 gr tepung terigu protein sedang
11 gr ragi instant
1/2 sdt bread improver
1 sdt buttermilk bubuk
1 sdt ovalet
120 gr gula pasir
2 butir telur ukuran sedang-kecil
100 ml susu cair + 100 ml air
75 gr mentega + margarin
1/2 sdt garam

cara membuat :
- uleni urutan bahan di atas dari tepung sampai air hingga kalis.
- masukkan mentega dan garam, uleni lagi hingga elastis.
- bentuk bulat adonan, pindahkan dalam wadah lain yg telah diolesi minyak. balik adonan hingga bagian permukaannya adalah bagian yg terkena minyak. tutup dengan plastik wrap, masukkan dalam oven yg mati, biarkan selama 30 menit hingga mengembang.
- hilangkan gas dengan cara meninjunya. timbang masing2 adonan seberat 10 gr. mau dibulat-bulatkan dulu atau langsung diisi bahan isian terserah aja.
- tata di atas loyang yg telah diolesi mentega putih.
- diamkan hingga mengembang lagi. olesi dengan 1 bh kuning telur + 1 sdm susu evaporated, lalu oven dengan suhu 200 drjt C selama 7-8 menit, pindahkan ke api atas selama 1-2 menit hingga permukaannya kecoklatan.
- kalau mau masukin loyang berikutnya ke oven jangan lupa api atasnya pindahin dulu yak...!








Tidak ada komentar:

Poskan Komentar